Jumat, 15 Mei 2009

SMA NEGERI 3 PALEMBANG WAKILI SUMSEL

Siswa SMA Negeri 3 Palembang mewakili Sumsel berangkat ke Jepang dalam program Japan East Asia Network of Excharge for Students and Youths (Jenesys).

Kepastiannya setelah siswa kelas XI IPA B SMAN 3 Palembang Hedya Masitha lolos seleksi di Jakarta oleh Jenesys, program pertukaran pelajar ke negara Jepang khusus untuk siswa SMA. Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Palembang Asmawati mengatakan, program ini dilaksanakan Yayasan Bina Antarbudaya yaitu lembaga nirlaba berbasis relawan yang mengelola program pendidikan antarbudaya bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMA Depdiknas.

Tujuan program tersebut untuk memperdalam rasa saling pengertian diantara remaja antarbangsa sebagai generasi penerus yang berperan penting dimasa akan mendatang.“Setiap tahun pemerintah Jepang mengundang para pemuda dari negara-negara ASEAN, mengunjungi tempat dan kota yang terkait dengan sistem politik, ekonomi, sosial dan budaya Jepang,”ujarnya kemarin. Selain itu, kesempatan ini sangat baik bagi para pelajar Indonesia untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat Jepang dan belajar dari komunitas pendidikan di Jepang.

Dia beharap,keberhasilan program tersebut dapat memacu para siswa untuk ikut berprestasi. Terpilihnya Hedya setelah berhasil lulus seleksi awal dari 30 orang, kemudian tes di Jakarta 1-5 April bersama 198 siswa se-Indonesia yang meliputi tes psikotes,toefl, wawancara dan bakat. “Setelah berjuang panjang, akhirnya berhasil lolos bersama 40 siswa lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Hedya Masitha mengaku bersyukur dan senang bisa mewakili Sumsel dan Indonesia ke Jepang. Berdasarkan informasi yang diterimanya, program Jenesy untuk pelajar ini berlangsung selama 2 minggu.“Jadwal keberangkatan belum tahu, namun saya sudah siap-siap membuat paspor,”ujarnya.

Sumber : Koran Sindo

0 komentar:

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

  © 2009

Back to TOP