Selasa, 14 Juli 2009

Dari Senam Pagi, Hingga Makanan Misteri

Tahun ajaran baru 2009/2010 telah resmi dmulai. Seluruh pelajar mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), SMP, hingga SMA sederajat baik negeri maupun swasta, kemarin (13/07) mulai memasuki sekolahnya setelah dua pekan menikmati libur panjang. Nyaris tak ada aktifitas KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang berarti di hari pertama itu. Seharian kegiatan sekolah difokuskan pada pengenalan sekolah, tata tertib dan peraturan, cara belajar, ekstrakulikuler, serta pengenalan para Guru dan Staff di sekolah tersebut atau yang biasa dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS).

Begitu juga dengan SMA Negeri 3 Palembang. Sekolah yang terletak di Jalan Jend. Sudirman ini pun melakukan hal yang sama, yaitu kegiatan MOS yang telah menjadi kegiatan rutin setiap awal tahun pelajaran ini. Namun berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya, di SMA Negeri 3 Palembang ini tidak ditemui adanya atribut aneh. Yang ada hanyalah kertas selempang bertuliskan nama siswa yang bersangkutan. Sehingga sepintas mirip dengan para kontestan pemilihan bujang gadis bahkan putri Indonesia. "Selempang itu khan mirip Putri Indonesia. Maka dibuat sesuai imajinasi masing-masing siswa. Nantinya akan ada penilaian tulisan terbaik bagi mereka". Ungkap Ibu Hj. Asmawati S.Pd., M.M, Kepala SMA Negeri 3 Palembang di ruang kerjanya.

Masih menurut Ibu yang juga alumni SMA Negeri 3 Palembang tercinta ini, pelaksanaan MOS berlangsung dari hari Senin - Kamis yang dimulai dari pukul 06.00-13.30. Bukan hanya pemaparan tentang aturan sekolah, tata tertib, dan lingkungan sekolah yang diadakan namun ada juga berbagai aneka perlombaan menarik yang bisa diikuti oleh siswa baru ini, yaitu Lomba MTQ, Lomba menyajikan makanan khan Kota Palembang, Lomba vokal solo, Lomba tari kreasi melayu dan pemilihan Putra Putri Gelora Orientasi atau yang biasa dikenal dengan istilah PAPIGO SMANTA.

Ditemui di tempat terpisah seusai kegiatan, M. Hasandinur sang ketua OSIS mengatakan bahwa format acara MOS tahun ini berbentuk kelas umum, dimana seluruh siswa yang berjumlah 224 ini dikumpulkan di dalam ruangan aula besar yang terletak di bangunan lantai dua di samping ruang perpustakaan. Para siswa menerima pembekalan layaknya kuliah umum para mahasiswa di bangku perguruan tinggi. Adapun pengisi materi berasal dari Guru pengajar di lingkungan SMA Negeri 3 Palembang sendiri dengan materi pada hari senin kemarin tentang Tata Krama dan pada hari selasanya tentang Kepemimpinan.

Ditanya mengenai ada tidaknya senioritas, siswa yang duduk di kelas XII IPA D ini mengatakan bahwa MOS ini dilakukan dalam rangka pembekalan siswa baru dengan sifat yang mendidik, sehingga senioritas tidak dibenarkan. Lagipula jauh-jauh hari pengurus OSIS telah mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah mengenai jalannya MOS ini sehingga dapat tercipta suasana yang bersahabat dan kekeluargaan antar siswa.

Lanjutnya, sebelum dilaksanakan kegiatan MOS ini terlebih dahulu diadakan kegiatan Pra MOS yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Mengenai apakah siswa baru ini disuruh membawa barang yang aneh-aneh, Andi panggilan akrabnya ini dengan tersenyum mengatakan setiap siswa baru disuruh membawa makan misteri, dengan istilah Papan Berlapis, Minuman David Beckham, Minuman Pinocio dan Rata Perak.

Barang-barang ini nantinya akan kita pergunakan untuk hadiah perlombaan yang kita gelar ucapnya. Sebelum memulai kegiatan MOS ini para siswa diwajibkan untuk mengikuti Senam Orientasi Kreasi dengan instruktur dari pengurus OSIS sendiri.

Selamat datang siswa baru, Selamat Berkreatifitas, dan Semangat !!!

0 komentar:

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

  © 2009

Back to TOP